Cara Ganti Ban Ertiga :
Pertama tama kita buka dulu cover penutup tools yang posisinya di bagasi belakang sebelah kanan nih fotonya.
Urutan cara sesuaikan dengan gambar yah!
  1. Cover tools buat kalo ban bhocworss 😀
  2. Tinggal tarik saja mudah tak perlu dengan tenaga  akang huluk 😉
  3. Isinya dalem cover box tadi std kit mobil
  4. Dongkrak, kunci ukuran 19mm, dan hook (pokoknya itulah :p)
  5. Tidak lupa alat bantuan. kunci 4 arah (ga tau sebutannya) merek kris BOW… dan penetran wd 40 untuk mempermudah dan mempercepat tentunya 😀
  6. Udah tau toolsnya sekarang kita preteli satu persatu, tahap pertama kita ambil dongkrak dulu di cover tadi.
  7. Roll dongkrak di puter kearah kiri karena ada space untuk mengunci dongrak yang posisi, sekarang posisi naik, kalo mau ambil harus di turunin dulu dongkraknya.
  8. Karena masih baru susah kalo diputer pake tangan aja, jadinya pake alat bantu yaitu kunci inggri yang bulet ditaroh tengah puteran dongkrak dan wala bisa di ambil deh. solusnya pake obeng, harusnya sih pake hook bisa tapi mentok malahan -_-“.
  9. Tahap kedua kendorin dulu baut ban sebelum di dongkrak 😀
  10. Pake alat bantu yang kunci 4 arah sama tenaga kaki itu karena otot ku cuman satu arah :p. bukanya ke arah kiri kalo ngencengin ke arah kanan (harus bisa bedain kiri dan kanan ya) :, jangan dibuka semua bautnya sebelum di dongkrak.
  11. Setelah kendor bautnya kita turunkan si roda cadangan. dibagasi congkel tuh penutup.
  12. Nah ada bautkan. kita puter ke arah kiri. inget “KIRI”.
13. Nah nanti sampe turun, pas bautnya udah bisa digoyangin, besi penahan ban (gambar kiri) di pegang dengan kuat sampe hooknya lepas (warna silver) lepas pelan pelan ketanah. nah ada bannya keliatan deh 😀 (r3 gak kaya si buldog ban cadangan sama. lah ini pelek kaleng padahal GX loh -_-“), tarik bannya keluar. untuk masangnya lagi? hooknya sangkutin dulu dibaut pake tangan bisa kok. nah kalo udah nancep besi pegangan ban agan tarik keatas sampenya nyangkut dihook (hooknya tarik kearah luar trus sangkutin di besi pegangannya. ingat butuh tenaga ekstra untuk ini!) Cara dongkraknya gimana gan? nah ini die. di R3 bisa dibilang buat dongkrak ga ada pijakan pasti. Maksudnya pijakan pasti?? Maksud ane pijakan pasti ituh plat tebel atau batang besi di mobil supaya mobil bisa diangkat dari bawah. Soalnya ane ketok plat besinya ada yang agak tipis. salah salah jebol lagih :hammer. eitss ternyata ada maksudnya loh di dongkrak R3.
16, 17. Ternyata sisi samping bawah ertiga ada besi seperti ini.
18. kiri bagian belakang kanan bagian depan. posisinya persis di bawah pintu (maap kotor, lagi males nyuci :p).
19. Di bawah bemper depan juga ada (sebelah kiri) tapi kayanya bukan buat dongkrak deh… :bingung. bisa diposisi lain persisnya dibawah tulang shockbreaker, hanya saja posisinya terlalu kedalam dan sepertinya kurang kuat. Dan ini cara dongkraknya.
20. dongkrak kita posisikan persis dibawah mobil. bawahnya dikasih alas gan sayang masih baru udah baret L. Udah baret tadi buat bantuin si buldog 😥 T_T.
21. Hook dan tool kit tadi di jadikan satu seperti gambar kiri, nah dongkraknya diputer kekanan deh *akhirnya. puter puter sampai ketemu posisi pas pada gambar kanan. jadi sela di dongkrak untuk menaikkan si erti dan besinya kuat kok gan tegang ajah *eh tenang saja :D. Lalu putar putar putar teruuuuusssssss sampe ban tidak menapak ketanah. oh iya biasanya ada bunyi kret kret gapapa kok gan ituh bunyi remnya erti. nah setelah ban tidak menapak melayang seperti kuntilanak baru deh baut di pelek yang sudah dikendorkan dilepas satu persatu (kalo bisa semua sih hebat :D). tarik ban perlahan lahan setelah lepas tidurkan ban, baru pasang ban spare (pelan pelan saja.. yang penting sesuaikan lubang bautnya dulu) setelah itu pasang bautnya deh puter pake tangan atau pake kunci tadi namun jangan kenceng banget, kalo udah ga bisa di puter pake tangan kosong turunkan mobil. dongkraknya sekarang diputer kearah kiri lebih gampang :p. Setelah ban menapak dengan sempurna, baut ban kencangkan kembali dengan kunci 4 arah atau kunci aslinya. jangan terlalu kencang, bila sudah tidak bisa diputar ya bearti sudah kencang ituh :D. nah bereskan dongkraknya dan ban yang bhcocwors tadi ke tempat penyimpan ban cadangan di bawah bagasi. kalo males ya taro di bagasi atas dengan melipat jok baris ke 3 tapi bersihkan saja dulu dengan air dan lap. kalo ga dibersiin ya resikonya jok belakang pasti kotor :p. langkah langkah diatas tinggal dibalik saja bereskan 😀 mudah kok ga sampe perang negara inih :p. Nah untuk perawatan. terutama pada dongkrak. pada ulir dongkrak semprotkan saja wd40 untuk memperlancar pemutaran. karena gemuk pada dongkrak akan membuat dongkrak berasa berat jika diputar walaupun untuk mencegah karat itu bagus. olehkan penetran pada ulir dan bosh untuk memutar (yang ada lobang buat hook ituh).
22, 23. Jika pelek kalengnya ingin memakai logo suzuki seperti pada pelek mudah saja. getok dari lama logo suzukinya mengguna ujung belakang kunci 19mm.
24. Setelah lepas dari ban yang bhocowrs. posisikan logo tersebut pada ban cadangan lalu getok sajah menggunakan tangan.
25. Nah selesai sudah sharingnya ketika ban bhocowrs. sekalian olah raga lah walopun resikonya salah urat kaya ane T_T. perawatan ban cadangan dan dedengkotnya seperti dongkrak alagkah baiknya dilakukan tiap 3 bulan sekali. karena untuk mencegah kekotaran yang parah dan paling parah terkena penyakit karat atau baut slek (lagi ga asik sih makanya slek *eh). untuk hook baut cadangan dan dongkrak tiap 3 bulan juga dikasih penetran karena gemuk lama kelamaan akan menjadi keras sehingga akan berat jika dongkrak diputar. belum lagi posisi penyimpanan dongrak di r3 menyempil seperti itu. Alat bantuan seperti diatas lebih berguna lagi karena bisa mempercepat penggantian ban dan tenaga tidak begitu banyak terkuras. oh iya tenaga juga harus kuat karena berat pelek mobil beserta ban setara beras 10kg berat memang, itung itung olahraga. kalo ga bisa sendiri jangan dipaksa salah salah, salah urat kaya ane (soalnya ampe duduk dilantai trus pala miring miring melihat posisi yang baik untuk didongkrak). atau yang gunakan jasa tukang tambal, tambal ban untuk mobil kena biaya 20-40rb jasa bongkar pasang paling ceban lah (10rb).

sumber: http://www.s3rious.com/2013/06/cara-ganti-ban-ertiga-yang-bochor.html

Sangat mudah, aman dan nyaman untuk membeli mobil suzuki Ertiga pada kami secara Kredit maupun Cash, Kami siap membantu anda, info harga ertiga

Segera Hubungi Marketing Kami

Agus Lemon

0856 9360 6600    /   087 884 334 636
08222 6088 545   /     021 – 44693928
pin:7683AD29

authorizeddealer.mobilsuzuki@gmail.com

Jika ada persyaratan yang belum lengkap / tidak lengkap, pasti akan DIBANTU

Advertisements