Saya pengguna Samsung Symbian G810, jadi tutorialnya lebih ke arah samsung ya..
bukan pilih kasih nih, jika bloger gogling pembahasan symbian nokia pasti lebih banyak. perlu bloger ketahui antara sinyal Handphone dan sinyal GPS berbeda, Jika sinyal Handphone dipengaruhi (tergantung) operator yg bloger gunakan sedangkan sinyal GPS tergantung Posisi bloger berada. lho ko maksudnya berada apa?!
terkadang saat di dalam rumah tertangkap signal GPS terkadang juga tidak, sedangkan signal Handphone normal (kecuali rumah bloger di hutansmile_teeth). bisa juga kebalikannya, saat bloger naik gunung, camping atau berlayar signal handphone sulit didapat, tapi justru signal GPS full.
hal ini disebabkan karena signal Handphone tergantung dari BTS Operator makanya saat bloger naik gunung susah sinyal sedangkan GPS dari satelit, naik gunung tambah bagus lah..
Tapi, ko pake tapi?! ya pake lah…
signal GPS g bisa menembus rumah, gedung. kenapa?! coba perhatikan signal GPS bloger saat di luar rumah dan di bawa masuk kedalam rumah, pasti langsung ngedropkan?! lebih lengkapnya bloger bisa baca disini Global Positioning System (GPS).
kembali ke Laptop (Tukul mode on),
Untuk mendapat sinyal GPS yang cepat dan sempurna pada semua model-model Samsung Symbian, silahkan ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pergi ke Settings-> General-> Positioning dan pilih ‘Positioning Methods’.
  2. Tandakan ‘Integrated GPS’ dan ‘Network Based’.
  3. Tekan ‘back’ dan pilih ‘Positioning Server’ dan setkan APN (Access-Point)nya.
  4. Pilih ‘Access Point’ dan tentukan APN anda. Misalnya jika anda menggunakan im3, pilihlah ‘indosatgprs’. Jangan ganti tulisan di ‘Server address’.
  5. Pastikan posisi bloger saat memulai Garmin pertama kali atau memulai baru di tempat yang jauh dari posisi awal (bukan pada posisi ‘routing’ dan ‘warm start’) Handphone terhung langsung ke langit dan tidak terhalang benda padat. misal diluar rumah atau di lapangan.
  6. Lebih detail mengenai no 5 sobat bloger bisa baca Global Positioning System (GPS).

Troubleshooting

Dari pengalaman pribadi saya untuk mencoba fungsi (fitur) GPS yang memang sudah built-in pada G810. setelah melakukan langkah diatas saya menunggu loading sambil menghisap sebatang rokok, Handphone ini gagal menerima satelit GPS!
Mengapa begini? Apa sebenarnya yang telah terjadi?
Sedangkan pada kebanyakkan Nokia (5800xm, E66, E52, E71 & N86) hal ini tak pernah terjadi dan saya sudah melakukan ’setting’ yang betul. Apakah saya lupa mandi wajib atau cuci tangan? Jangan-jangan chip GPS pada Handphone saya rusak?!
Rupa-rupanya saya lupa untuk mengaktifkan fungsi ‘A-GPS’ yang ada pada Handphone ini. Berbeda dengan Nokia, menu A-GPSnya terletak pada bagian ‘installation’ Handphone ini dinamakan GPS+.
Solusinya lightbulb:
  • masuk ke menu ‘installation’ dan jalankan GPS+(Perhatian: langkah-langkah berikut tidak akan berguna sekiranya anda tidak mengikuti langkah 3 & 4 diatas). Tutorial Garmin MobileXT - GPS
  • Langkah ini PERLU untuk pertama kali saja. Klik pada ‘Data download’ dan tekan YES untuk memulai download data satelit yang ‘terbaru’ selama 7 hari. Jangan risau tentang ‘7 hari’ ini kerana jika suatu hari anda dapati GPS semakin ‘lambat’ untuk meloading satelit, barulah anda lakukan langkah ini lagi. Jika semuanya lancar, anda tidak perlu untuk mendownload data setiap 7 hari. Dan perlu diingatkan, langkah ini memakan kredit (pulsa) sekitar 50 rupiah saja (jika 1Kb = 1rupiah).
    Tutorial Garmin MobileXT - GPS
  • Setelah selesai ‘download’, bloger bisa memulai aplikasi Garmin Mobile XT pada Samsung G810 (dan model Samsung Symbian lain) dan dalam waktu kurang dari 2 menit, pasti Handphone bloger sudah terhubung sinyal satelit GPS dengan lancar.
dari langkah di atas bisa dilihat setting A-GPS pada Samsung sangat berbeda dengan Nokia. Bedanya, pada Nokia setiap kali anda menggunakan Garmin, pasti 50-100 rupiah pulsa anda dipotong (jika 1kb = 1 rupiah) kerana untuk mempercepatkan penerimaan sinyal GPS. sedangkan Samsung memakan pulsa 50 rupiah untuk SATU KALI saja (selama 7 Hari).
Untuk memastikan hal ini benar, saya telah mengaktifkan Garmin pada mode ‘profile offline’ dan garmin tetap menangkap satelit serta berfungsi dengan baik. Tanpa pulsa!
Advertisements